Teten Keluhkan Syarat Ekspor Ke As

  • September 10, 2020

JAKARTA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, secara nasional, Kementan melalui Badan Karantina Pertanian memfasilitasi sertifikasi ekspor terhadap 81,three ribu ton komoditas pertanian dengan nilai mencapai 1,264 triliun rupiah. Jakarta — Ketersediaan bahan baku halal sangat penting dalam memudahkan dan mempercepat pelaksanaan sertifikasi halal produk usaha mikro kecil berorientasi ekspor. Kepala BPJPH Kemenag, Mastuki, dalam Workshop Diversifikasi & Adaptasi Produk Ekspor bertema “Pentingnya Sertifikasi Halal untuk Ekspor Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Ekspor Indonesia” yang digelar Kementerian Perdagangan. “Selain mengawal kinerja ekspor pertanian, Barantan juga tetap fokus dalam perlindungan sumber daya alam hayati. Harus sehat dan aman agar menjaga ketahanan pangan asal produk pertanian dan juga laris di pasar ekspor,” tukas Jamil. Jamil menjelaskan bahwa gerakan tiga kali lipat produk pertanian, Gratieks adalah gagasan Mentan dalam meningkatkan nilai ekspor hingga tahun 2024.

Pengajar/Fasilitator profesional yang memiliki pengalaman dalam bidang Kepabeanan baik dari kalangan dosen, pejabat di Kementerian Keuangan, Praktisi dan alumni. Dasar hukum penyelenggaraan ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan sesuai dengan amanat Pasal 29 UU No.10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan UU No.17 Tahun 2006. Pasal 29 tersebut menyebutkan bahwa dalam hal importir tidak dapat melakukan pengurusan dokumen di kantor Pelayanan Bea dan Cukai, mereka dapat menguasakannya kepada Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan .

Dengan 1,8 miliar penduduk muslim di dunia, kata dia, terdapat potensi belanja produk halal yang mencapai USD2,2 triliun. Handoko menilai, perlu ada campur tangan KSP untuk menfasilitasi proses negosiasi dengan pihak GACC, agar pelaku eskspor sarang burung walet mendapatkan sertifikasi sebagai eksportir terdaftar di negeri tirai bambu tersebut. Berdasarkan information sertifikasi mutu dari Karantina Ikan Kupang tercatat PT RKN telah melalukan pengiriman 8 kali dengan masing-masing sebanyak 15 ton rumput laut senilai Rp. Komoditas yang terus menunjukan tren peningkatan permintaan ini berasal dari beberapa daerah di NTT, seperti Rote, Alor dan Kupang sendiri.

Sertifikasi Ekspor

Akibatnya, persyaratan sertifikasi muncul sebagai bentuk hambatan teknis perdagangan, terutama jika menjadi syarat wajib diterimanya produk Indonesia di negara tujuan ekspor. “Indonesia harus tetap optimistis menghadapi tata kehidupan baru yang mensyaratkan banyak sertifikasi dalam proses perdagangan terutama pascapandemi. Untuk itu, Indonesia perlu mengembangkan standar, laboratorium uji, dan lembaga sertifikasi produk sehingga produk kita dapat selalu memenuhi standar pasar internasional,” ungkap Natan.

“Hal ini bisa disikapi para pelaku usaha Indonesia dengan melakukan pemetaan dan memanfaatkan berbagai kerja sama perdagangan internasional,” ucapnya. Perusahaan-perusahaan ini memproduksi 3,2 juta metrik ton atau 23,7% dari whole CSPO world. Sedangkan di bidang ekspor produksi kayu, MUTU International memfasilitasi sertifikasi guna meningkatkan keunggulan ekspor produk berbasis kayu ke berbagai negara, di antaranya Jepang, Amerika, dan Eropa. Bahkan, MUTU International menjadi satu-satunya negara yang ditunjuk oleh Jepang untuk memiliki kewenangan dalam melayani sertifikasi Japan Agriculture Standard . JAS merupakan sertifikasi yang dapat membantu klien untuk memasarkan produk kehutanan sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan oleh negara Jepang. Dalam kegiatan ekspor, pertukaran sertifikat elektronik akan meningkatkan kemudahan pelayanan ekspor di negara tujuan dengan cara memperkuat jaminan keaslian melalui otentifikasi digital, mengurangi resiko pemalsuan dokumen, mengurangi penggunaan kertas, serta mencegah kecurangan dalam perdagangan.

Untuk itu dia mendorong petani dan pengusaha kratom di Kalbar agar dapat melakukan ekspor tanaman asli Kabupaten Kapuas Hulu itu tak lagi melalui terminal luar, melainkan langsung dari Pontianak. “Anda para generasi muda harus mampu melihat dan menangkap peluang dari dinamika dan perubahan tren ekspor di period pemulihan ekonomi saat ini,” pesan Wapres. Sensus 2020 menyebutkan, Generasi Z mencapai 27,94% dan Generasi Milenial sebanyak 25,87% dari complete populasi, dimana kedua generasi ini merupakan penduduk usia produktif yang menjadi tumpuan percepatan pertumbuhan ekonomi. Namun, upaya memunculkan potensi eksportir baru khususnya dari kalangan muda, tidak bisa dilakukan secara instan. Presiden pun berpesan kepada Asror untuk terus mempelajari tentang potensi komoditas ekspor yang ada di daerahnya untuk dikembangkan, termasuk juga dengan kapasitasnya. “Selain itu, rencana masuknya investasi industri gelatin di HIPS akan memperkuat struktur industri makanan di dalam negeri,” pungkas Menperin.

Lalu, faktor-faktor eksternal juga dipertimbangkan khususnya dalam kesehatan, keamanan, dan lingkungan. Potensi belanja produk halal oleh 1,eight miliar penduduk muslim dunia mencapai US$2,2 triliun. SIDOARJO – Pemerintah sudah menetapkan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber baru meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Di sisi industri, Kemenperin bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dan MUI berupaya merealisasikan penguatan rantai nilai halal melalui pembentukan Kawasan Industri Halal .

Masing-masing negara diharuskan untuk mengembangkan portal untuk menyediakan informasi untuk standar yang diregulasikan. Beberapa negara menyediakan situs yang menginformasikan standar-standar yang terkait untuk ekspor ataupun impor produk makanan. Contoh situs dari Indonesia adalah exim.kemendag.go.id yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Lalu, International Trade Center juga menyediakan informasi ini melalui exportpotential.intracen.org. Selain itu, tiap negara atau regional juga menyajikan informasi tentang standar ekspor, seperti di Uni-Eropa pada situs trade.ec.europa.eu.

Tentu saja persyaratan antara tas Rorokenes yang termasuk produk trend dengan TEHDIA yang termasuk produk pangan berbeda. Peningkatan bukan hanya terjadi untuk untuk skema wajib di bawah payung sistem verifikasi legalitas kayu , tapi juga untuk skema sukarela seperti Forest Stewardship Council . Hal itu diharapkan bisa berkontribusi pada peningkatan ekspor produk kehutanan Indonesia. Masih menurut Bambang, kebijakan strategis Kementerian Pertanian untuk meningkatkan ekspor komoditas pertanian tiga kali lipat. Yakni dengan peningkatan volume ekspor, mendorong pertumbuhan eksportir baru, menambah ragam komoditas ekspor, meningkatkan frekuensi pengiriman dan menambah Negara mitra dagang. VIVA– Kementerian Perdagangan mengungkapkan cara mengubah tantangan persyaratan sertifikasi yang ditetapkan oleh sejumlah negara tujuan ekspor menjadi peluang untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

Okdan

E-mail : admin@docuthanhthao.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*