6 Tips Memulai Bisnis Baru Bagi Pemula, Dijamin Sukses

  • August 13, 2020

Kedua, saya ingin lebih serius menjalankan usaha ini melalui digital advertising yang tentunya juga membutuhkan modal yang tak sedikit untuk beriklan baik di media sosial ataupun di marketplace. Untuk itu, sebagai awal, saya sedang merintis toko on-line yang saya beri nama Warung Puntang di media sosial dan market, di mana nanti saya akan menjual seluruh produksi saya di sana. Terus terang, Komunitas Relawan Sedekah sendiri bukanlah komunitas besar yang memiliki dana serta donator tetap yang banyak. Saya betul-betul modal NOL dan harus mengeluarkan uang dari kocek sendiri, dari hasil kerja saya sebagai penulis lepas dan blogger untuk keperluan kegiatan relawan sedekah ini. Komunitas ini tidak memiliki uang kas, belum mampu membuat Yayasan, apalagi memiliki mobil untuk mempermudah aktivitas kami kesana kemari berkeliling.

Hingga akhirnya saya menemukan apa yang saya cari dari perkebunan kopi di Ciwidey. Saya beli kulit kopi berkualitas dari mereka yang sudah dikeringkan, dan saya olah kembali di rumah agar cita rasanya sesuai dan saya kemas dalam dua bentuk yaitu teh celup dan teh tubruk siap seduh. Saya yang juga merupakan ibu rumah tangga dari 3 orang anak yang masih bertumbuh dewasa, tentunya tak ingin sembarangan memproduksi sesuatu yang akan saya jual. Karena saya sangat suka masak dan makan, saya memutuskan untuk membuka usaha di bidang kuliner yaitu memproduksi cemilan rumahan yang saya jual secara online dan door to door kepada keluarga, sahabat dan kerabat.

Berbisnis dengan hati

Bisnis kuliner tradisional dan penyedia jasa pernikahan bernama Nendia Primarasa yang ditekuni perempuan asal Minangkabau ini tak disangka berawal dari ketidaksengajaan. Resti Nendia diminta tolong oleh teman baiknya yang kebetulan hendak menikah mengurus berbagai keperluan seputar wedding termasuk urusan catering maupun dekorasi. Siapapun yang memberikan saran kepadamu, berhati-hatilah dalam menyerap saran tersebut. Namun, jika kamu mendapatkan saran dari orang terdekat supaya kamu tidak begadang di kantor malam-malam, maka kamu harus menurutinya. Hal ini diungkapkan oleh Elijah saat ia dinasihati oleh ibunya yang sangat mengkhawatirkan kesehatannya.

Mereka juga belum memperbarui dan mengajukan izin yang sudah kedaluwarsa. Kehadiran mereka ditentang warga sekitar yang merasa sumber mata airnya terancam. Aksi penolakan warga berujung pembakaran sebuah beko dan perusakan kantor perusahaan.

Jika ternyata masih tidak cukup, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman on-line melalui aplikasi Kredit Pintar. Melihat hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa memilih partner bagi keutuhan proses bisnis yang sedang dijalani adalah hal yang sangat penting sekali. Namun sebaiknya jangan lupa bahwa untuk menemukan orang yang berkualitas, terlebih dahulu Sobat Pintar perlu memperbaiki kualitas diri. Orang yang profesional bisa fokus pada bisnis ketika dalam situasi pekerjaan dan mengesampingkan urusan pribadi dan memilih untuk menciptakan kenyamanan bersama. Orang seperti ini lebih langgeng untuk diajak bekerja sama dalam membangun sebuah bisnis bersama.

Pasalnya hal tersebut cepat atau lambat bisa menjadi boomerang buat usaha kamu sendiri. Setiap pebisnis tentu ingin mengetahui bagaimana cara menjadi pengusaha sukses. Soalnya tak bisa dipungkiri kalau tujuan dari berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Putuskan berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk mengerjakan bisnis Anda dan mempekerjakan seseorang jika perlu. Untuk sebagian besar bisnis, tahun pertama dihabiskan untuk menyiapkan dan menjalankan berbagai hal, mulai dari mendapatkan dokumentasi dan lisensi yang tepat dari pemerintah hingga menemukan lokasi Anda . Ayub, salah seorang tokoh di Alkitab yang mengalami cobaan dari Iblis untuk menguji kesetiaannya kepada Allah adalah seorang yang sangat kaya di daerahnya karena memiliki tanah dan ternak yang sangat banyak jumlahnya. Di dalam perjalanan iman yang dia jalani pada masa pencobaan, walaupun dia sempat mengeluh kepada Tuhan, tetapi akhirnya dia menang.

Apakah ada perbedaanya berbisnis dengan pikiran dan berbisnis dengan hati? Ketika pakar bisnis mulai berbicara tentang ekonomi informasi, banyak perusahaan dan eksekutif berpikir istilah itu berarti bahwa semakin banyak informasi yang Anda miliki maka semakin pintar perusahaan Anda. Namun nyatanya, hal ini membuat perusahaan tercemar dengan informasi yang tidak relevan, informasi yang salah dan kebenaran yang belum tentu benar.

Menjalani karir sebagai seorang #entrepreneur memang sangat menarik dan menantang. Jika teman-teman memiliki minat tentang bisnis, tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis. Salah satu persiapan yang harus teman-teman persiapkan adalah sebuah rencana bisnis yang matang. Paling tidak teman-teman sudah memiliki rencana apa yang bisa dijadikan untuk bisnis. “Banyak orang bodoh yang banyak mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Di lain sisi, kebanyakan orang pintar malas untuk bekerja keras dan sok cerdas.” Tekad yang kuat dan semangat pantang menyerah perlu ditanamkan dalam diri setiap orang yang ingin sukses dalam berbisnis.

Salah satu cara memulai bisnis atau usaha yang sukses adalah dengan mempelajari perhitungan akuntansi dasar atau cara membuat laporan keuangan yang benar agar proses pengambilan keputusan bisnis dapat dilakukan dengan baik. Promosi adalah salah hal cara untuk memulai usaha sukses yang wajib dan harus Anda lakukan. Apalagi sekarang ini persaingan semakin ketat sehingga dalam cara berbisnis, setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Ketika Anda sudah memulai bisnis, agar produk yang Anda miliki dapat diterima baik oleh konsumen, Anda harus memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passionketika menentukan cara berbisnis.

Okdan

E-mail : admin@docuthanhthao.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*