Sepuluh Cara Membangun Kekuatan Mental

  • August 9, 2020

“Banyak teman-teman kita yang tidak bisa belajar selama pandemi ini, karena tidak ada sinyal, tidak punya hp atau harus bekerja membantu orang tua. Oleh karena itu, kita harus bersyukur karena masih bisa belajar”. Ini adalah salah satu hal yang terpenting dan faktor terbesar dalam pemikiran/ mindset yang harus dimiliki seorang yang sukses.

Belajar untuk lebih rajin dan membangun mentalitas

Salah satu keunggulan dunia perkuliahan dibanding SMA atau SMK adalah waktu yang dimiliki cukup fleksibel. Mahasiswa tidak harus datang ke kampus pukul 7 hingga 3 sore tanpa pulang sama sekali. Di dunia perkuliahan, kamu dapat memilih jam belajara sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki. Jadi, memastikan bahwa jurusan ini merupakan passiondi jurusan ini. Sehingga apabila ada masalah, kesulitan, sampai tantangan di masa depan, kamu tidak akan menyesali dan tidak mungkin menyerah di tengah jalan.

Biarkan anak menikmati suasana bermain tanpa menerima kritik atau membiarkan jika mereka melakukan suatu kesalahan sebatas kesalahan anaknya masih dalam batasan regular. Agar terus percaya diri di segala situasi, jangan biarkan pikiran negatif menguasai benak dan merusak akal sehat. Coba lawan sekuat tenaga dan selalu berpikiran positif terhadap apapun, termasuk kata-kata menyinggung dari orang lain. Beberapa orang berhasil melawan pikiran buruk melalui meditasi, latihan pernapasan atau mendengarkan lagu. Selain itu jangan pernah Anda iri terhadap hal yang buruk yang sekilas terlihat lebih menyenangkan, misalnya melihat orang lain lebih santai, suka terlambat dan banyak bercanda. Jadikan kegagalan sebagai pelecut semangat untuk kembali bangkit dan mengumpulkan rasa percaya diri.

Bisa aja sih kayak gitu tapi, menurut gua komitmen yang gak jelas tolak ukurnya gitu gak akan mantap untuk dijalani. Supaya kita bisa konsisten dengan tujuan kita, komitmen yang dibuat juga harus direnungkan bahwa itu adalah hal yang bener-bener kita inginkan. Komitmen itu harus dibuat se-‘sakral’ mungkin supaya secara sadar otak lo ditekankan bahwa you must take it critically.

Bagaimana pakai maskernya, harus benar-benar diajari jangan cuma menyuruh,” tambahnya. Bahkan, Dinas Kesehatan sebulan sekali akan melakukan pengambil sampel para siswa. Jika ditemukan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 akan dilakukan pelacakan dan pembelajaran tatap muka wajib ditutup sementara. VIVA– Melandainya kasus COVID-19 di Provinsi Bali telah menumbuhkan harapan baru bagi para siswa untuk bisa kembali mengikuti pembelajaran tatap muka yang sudah dirindukan lebih dari 1,5 tahun ini. Kuliah di jurusan elektri memang terkenal dengan ‘Awas tegangan tinggi!

Yakinlah pada komitmen Anda dengan pasangan sehingga Anda tidak mudah menyerah saat dihadapkan dengan masalah rumah tangga nanti. Sesekali biarkan anak untuk berinteraksi dengan orang yang usianya lebih tua darinya atau orang dewasa. Bergaul dengan orang yang lebih tua akan membantu anak memperluas cakrawala dan pengetahuannya serta membuka wawasan dari sudut pandang orang lain. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seorang anak yang dekat dengan orang dewasa, entah itu babysitter atau guru atau pamannya lebih ulet dalam mengarungi kehidupan.

Untuk memiliki pikiran positif dapat dilakukan dengan mengembangkan optimisme. Mahasiswa berkarakter biasanya adalah seorang yang taat menjalankan ibadah kepada Tuhannya, memiliki kecerdasan spritual dalam melakukan kegiatan kesehariannya dan selalu mendasari aktifitasnya dengan niat beribadah kepada-Nya. Silaturahmi yang dibangunnya melalui kegiatan di tempat-tempat ibadah, organisasi kampus maupun ektra kampus untuk menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Menjaga pola makan dan asupan makanan akan memberikan dampak yang baik bukan hanya untuk kesehatan namun untuk penampilan Anda. Berat badan akan lebih ideal dan terjaga jika Anda menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Salah satu manfaat terbesar dari gaya hidup sehat yang Anda anut adalah membuat tubuh tidak mudah sakit.

Maupun yang diakibatkan oleh adanya faktor eksternal seperti faktor orang tua, suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga, lingkungan sekolah, media massa, serta lingkungan sosial di mana siswa itu berdomisili. Hasrat belajar yang dimiliki anak didik dapat menghasilkan motivasi untuk hasil belajar siswa, minat guru dapat memotivasi siswa dengan melihat minat yang dimiliki anak didik. Guru dapat mengajar untuk memberikan pengetahuan untuk mencapai tujuan belajar, guru haruslah dapat mengarahkan siswa yang rajin menjadi belajar lebih bermakna sehingga hasilnyapun akan bermakna bagi kehidupan.

Okdan

E-mail : admin@docuthanhthao.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*