Bagaimana Komunikasi Dapat Mengatasi Konflik

  • September 3, 2020

Dimulai dari bahan mika, kertas sampai penggunaan kaleng seperti sekarang. Lantas, kami berinovasi dengan menggunakan kaleng sejak 1,5 tahun lalu.” Ungkap Poa yang merupakan alumni Universitas Kristen Petra Surabaya bersama Melita. Berbicara mengenai perusahaan, baik itu perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak ataupun perusahaan yang baru saja merintis pasti pernah menemukan masalah.

Pekerjaan konstruksi memiliki potensi yang tinggi terjadinya konflik sebagai akibat dari tingginya kompleksitas pelaksanaan. Adanya konflik menuntut pelaku konstruksi untuk melakukan penyelesaian konflik dan resolusi konflik tersebut yang seringkali dilakukan dalam bentuk negosiasi. Sehingga kompetensi seorang negosiator menjadi penting bagi pelaku konstruksi agar masalah dan konflik menjadi dapat diselesaikan dengan baik dan cepat. Dalam hal ini Anda bisa mengganti dan mengelola SDM yang Anda miliki.

Menyusun dan menerapkan pengendalian inner yang memadai untuk mencegah dan mendeteksi adanya kecurangan dalam laporan keuangan Perusahaan. Pencatatan dan pelaporan keuangan merupakan proses pencatatan transaksi Perusahaan yang bermuara pada laporan keuangan. Semua transaksi harus dicatat dan dibukukan secara akurat, lengkap dan tepat waktu serta didukung dengan bukti-bukti yang sah dan memadai agar menghasilkan laporan keuangan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam penyelesaian jangka pendek, dibutuhkan orang-orang dengan keterampilan mediasi yang kuat untuk menyelesaikan konflik kepribadian tersebut. Mediasi membutuhkan seseorang yang dapat mengambil sikap independen dan memahami kebutuhan, berempati, dan mengesampingkan emosi yang terjadi. Len memperlakukan karyawan secara setara dan tidak membedakan suku, agama, ras dan antar golongan dalam segala aspek.

Mencegah konflik dengan partner bisnis

Bila semua pihak bisa menemukan win-win answer maka konflik akan dapat terselesaikan tanpa ada anggota tim yang merasa dirugikan. Sikap mental yang harus terus dijaga adalah pikiran positif, keikhlasan, serta kebesaran hati yang bisa menampung seluruh kepentingan semua pihak. Nah, semoga ideas di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang atau berniat merintis bisnis bersama kawan-kawan karib atau kerabat. Anda harus pandai dalam memilih keputusan untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul dengan karyawan lain. Anda tidak perlu selalu bergantung pada atasan terkait masalah yang Anda hadapi. Melibatkan atasan justru adalah pilihan buruk, yang nantinya berujung pada membesarnya konflik di lingkungan kerja.

Memelihara komunikasi yang baik dengan penyedia barang dan jasa termasuk menindaklanjuti keluhan dan keberatan. Menempatkan Ikatan Karyawan Len sebagai mitra Perusahaan terkait dengan hubungan industrial. Untuk menyelesaikan masalah, kuncinya hanya satu, yaitu sempatkan dan sediakan waktu untuk mengobrol dan membahas tentang solusi permasalahan yang ada. Tidak heran, menurut sebuah penelitian, 49% konflik di tempat kerja disebabkan perbedaan karakter dan prinsip individu-individu di dalamnya. Kebanyakan orang memiliki alasan untuk melakukan apa yang mereka lakukan oleh karena itu, jangan pernah berasumsi dan berusaha untuk selalu bertanya.

Semakin banyak tangan yang bekerja seharusnya membuat suatu pekerjaan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat serta dengan hasil yang maksimal. Tetapi hal ini juga bisa menjadi boomerang bila terlalu banyak tangan yang bekerja justru menyebabkan hilangnya koordinasi dan menghilangkan fokus atas apa yang dilakukan. Adalah hal yang sangat baik, jika memang pengacara itu seseorang yang memang Anda sudah kenal dan merupakan kerabat Anda sendiri. Namun, jika Anda belum memiliki kerabat seorang pengacara, pastikan Anda mencari seorang pengacara yang baik.

Mungkin saja rekan kerja sedang mengalami masalah rumah tangga atau lainnya yang membuat dia kurang bersahabat. Ya, win-win resolution itu adalah hal yang bisa dilakukan selama Anda bisa menjadi mediator yang baik dalam mengatasi konflik ini. Namun, ketika hal yang mereka inginkan adalah agar salah satu orang tersingkir dari perusahaan tersebut, sebaiknya Anda tak kabulkan itu selama hal tersebut tidak memiliki alasan yang kuat dan valid. Komunikasi yang terhambat karena adanya konflik antar pegawai tak hanya bisa menghambat pekerjaan mereka masing-masing, tetapi juga bisa berpotensi pada berkurangnya keuntungan perusahaan Anda. Sisi negatif ini juga pada akhirnya bisa berpengaruh pada banyak pihak, menciptakan lingkungan yang kurang kondusif untuk semua orang. Agar hal ini tak terjadi pada perusahaan Anda, lakukan beberapa ideas berikut ini ketika terjadi konflik antar pegawai.

Gaya ini kita gunakan untuk menghindari kesulitan atau masalah yang lebih besar. Gaya ini juga merupakan upaya untuk mengurangi tingkat ketegangan akibat dari konflik tersebut atau menciptakan perdamaian yang kita inginkan. Negosiasi dilakukan mulai dari rumah, sekolah, kantor, dan semua aspek kehidupan kita.

Okdan

E-mail : admin@docuthanhthao.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*