Ada Konflik? Selesaikan Dengan 5 Cara Ini!

  • September 3, 2020

Stres yang ditimbulkan dari emosi negatif atas keadaan psikologis seseorang memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jangan lupa, menguasai cara mengatasi stres karena pekerjaan tak hanya bermanfaat untuk saat ini saja, tetapi juga untuk bekal jangka panjang. Meskipun menjalankan usaha bersama menyita banyak waktu, carilah waktu yang kosong untuk dihabiskan bersama sahabat. Menjalani pekerjaan bersama sahabat haruslah bersikap profesional, namun menjalani persahabatan juga butuh waktu untuk membuang kepenatan.

Perusahaan memiliki sistem atau proses yang memungkinkan dan mendorong manajer untuk mencegah atau mengendalikan perilaku yang tidak dapat diterima. Perusahaan memiliki sistem atau proses yang memungkinkan manajer untuk mendorong dan mendukung para pekerjanya. Perusahaan memiliki kebijakan dan prosedur tertulis yang jelas dan memadai untuk mendukung pekerja dalam melakukan aktivitasnya. Perusahaan mendorong pekerja untuk selalu mengontrol pekerjaan yang mereka lakukan.

Situasi konflik yang menegangkan dapat dicegah dengan hal-hal sederhana, misalnya, menyediakan makanan saat rapat, mengadakan rapat di luar kantor atau bahkan mengadakan rapat berdiri jika diskusi berlangsung panjang. Sangatlah wajar jika kita memiliki pandangan dan prioritas yang berbeda dengan yang lain. Inilah yang menyebabkan setiap orang memberikan reaksi yang berbeda terhadap sebuah keputusan. Strategi yang tepat untuk meminimalisir hal ini adalah dengan melakukan diskusi tentang kriteria penentuan keputusan sebelum mengambil keputusan yang sebenarnya.

Memang Anda dan dia berbeda pendapat, namun tidak ada salahnya untuk sedikit mengalah mendengarkan apa yang menjadi konflik tersebut. Dalam hal ini, mengalah merupakan cara mengatasi konflik yang terbaik dan tentunya dapat mengembalikan semua keadaan. Perlu diakui, memilih mitra untuk diajak berbisnis memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada berbagai pertimbangan yang harus kita pikirkan, baik dari segi kelebihan maupun dari segi kekurangan. Meskipun kelihatannya ada calon partner bisnis yang terlihat berpotensi, kita harus tetap mencari tahu informasi mengenai calon associate bisnis tersebut secara element.

Namun konflik tersebut tentu memiliki solusi sebagai jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya adalah konflik bisnis yang juga bisa terjadi dalam sebuah perusahaan dan harus memikirkan solusi untuk konflik tersebut. Strategi ketiga dengan cara Penyesuaian diri , dalam strategi ini paling tidak salah satu pihak yang terlibat konflik usahakan untuk menempatkan kepentingan pihak lain diatas kepentingan diri atau kelompoknya. Pertama “konlik terjadi karena saling ketergantungan”, dalam menjalankan tugasnya antara unit yang satu dengan yang lainnya saling ketergantungan, sehingga terjadi kompetisi dalam memperebutkan otonomi dan koordinasi. Masing-masing unit akan memperjuangkan otonomi yang lebih besar untuk kepentingan unitnya.

Pada tahun 1970-an, informasi spesifikasi awal produk yang dibuat oleh information reporting systems tidak dapat memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan manajemen. Peranan baru ini adalah menyediakan dukungan interaktif kepada manajemen untuk proses pengambilan keputusan mereka. Dalam dunia kerja nyata, sistem informasi yang digunakan merupakan kombinasi dari berbagai macam sistem informasi yang telah disebutkan di atas. Pada prakteknya, berbagai peranan tersebut diintegrasi menjadi suatu gabungan atau fungsi-silang (cross-functional) sistem informasi yang menjalankan berbagai fungsi. Faktor people/orang menjadi sangat menentukan karena orang berasal dari inner dan orang dari eksternal . Kedua sisi ini akan menjadi lebih baik bila juga tercipta suatu kedekatan .

Mencegah konflik dengan partner bisnis

Jika mitra tersebut tidak dapat menepati janjiya untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dan bekerja lebih keras tentu hal ini akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Conglomeration adalah cara menyelesaikan konflik bisnis dengan menggabungkan 5 tipe manajemen konflik di atas. Cara ini memang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencapai penyelesaian. Saat menetapkan penyelesaian atau manajemen konflik dalam organisasi maupun perusahaan, ada strategi dan cara yang bisa dilakukan agar proses manajemen konflik bisa tepat sasaran. Individu yang memiliki permasalahan bisa langsung menyampaikan keluhan dan duduk permasalahannya dengan diawasi langsung oleh rekan kerja lain ataupun manajer. Namun, dari masalah pekerjaan, senioritas ini bisa menjadi salah satu masalah konflik inside perusahaan yang menghambat penyelesaian masalah.

Nah, jika Anda sering melakukan hal seperti ini sebaiknya dihindari. Cara mengatasi konflik seperti ini dapat dikatakan sangat efektif, sebab pemikiran dan perasaan seseorang terkadang sulit terkendali. Bisa-bisa tidak sengaja mengeluarkan umpatan konflik yang sedang terjadi antara dia dan Anda kepada rekan kerja lainnya. Untuk menghindari konflik, pahamilah bahwa setiap orang unik dan terimalah perbedaan karakter rekan kerja. Kemampuan untuk mengidentifikasi, menyadari dan mengetahui sebab konflik terjadi akan membantu mengatasi konflik.

Okdan

E-mail : admin@docuthanhthao.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*